Senin, 15 Februari 2010

Sistem Informasi untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif

Teknologi informasi lebih dari sekedar mendukung aktivitas bisnis secara efisiendan kolaborasi perusahaan atau pengambilan keputusan bisnis yang efektif.

Teknologi informasi dapat mengubah cara bisnis berkompetisi.

Teknologi : metode aplikasi dari ilmu-ilmu yang digunakan untuk meningkatkan kemajuan kesejahteraan manusia.

Internet : sarana sumber informasi

Peran utama Sistem Informasi dalam bisnis : sebagai bagian dari aktivitas bisnis itu sendiri. Dengan menciptakan keunggulan kompetitif (misalnya tidak butuh lagi ruang untuk display).

System Informasi Strategic : sistem informasi yang menggunakan teknologi informasi untuk membantu organisasi mencapai suatu keunggulan kompetitif, mengejar ketertinggalan dalam kompetisi atau mencapai tujuan strategis tertentu perusahaan.

Teknologi informasi itu sangat cepat berubah

Competitive advantage vs necessity

Untuk bertahan dan berkembang suatu organisasi harus menciptakan suatu keunggulan kompetitif.

Competitive advantage – produk, layanan, proses atau kapabilitas yang dibangun yang memberikan kepada suatu perusahaan posisi bisnis yang lebih baik dibandingkan kompetitor maupun tekanan kompetitif (competitive force) yang ada.

Competitive necessity (market qualifier) – produk, layanan, proses atau kapabilitas tertentu yang harus ada untuk dapat bersaing dan melakukan bisnis dalam suatu industri.

Competitive Advantage itu tidak abadi

Karena persepsi konsumen selalu berubah.

“siapa yang belajar lebih cepat dari pesaingnya maka akan mendapatkan informasi yang lebih dan akan menang”

organisasi mempelajari kompetisi yang dihadapinya melalui environmental scanning.

Environmental scanning : penguasaan dan analisis terhadap kejadian dan kecenderungan yang terjadi di lingkungan eksternal organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar