Selasa, 27 April 2010

World Wide Web (WWW)

Perlu kita ketahui juga bahwa World Wide Web (WWW) bukanlah internet, demikian pula sebaliknya. Namun demikian, WWW dan internet sangat berkaitan satu sama lain. Internet adalah suatu jaringan komputer global, sedangkan WWW bukan sekedar jaringan tetapi di dalamnya terdapat suatu set aplikasi komunikasi dan sistem perangkat lunak yang memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Umumnya teletak pada internet host dan client.
  • Umumnya menggunakan protocol TCP/IP.
  • Menggunakan HTML.
  • Mengikuti model client atau server untuk komunikasi dua arah.
  • Memungkinkan client untuk mengakses server dengan berbagai protocol seperti HTTP, FTP, Telnet dan Gopher.
  • Memungkinkan client untuk mengakses informasi dalam berbagai media seperti teks, audio dan video.
  • Menggunakan model alamat Uniform Resource Locators (URL).

Dari banyaknya fasilitas komunikasi berbasis internet itu timbul ide untuk menyatukan tata cara akses data dalam suatu program aplikasi terpadu yang dapat menginterpretasikan spesifikasi data dalam format baku yang diberi istilah URL (Uniform Resource Locator). Aplikasi ini secara otomatis menterjemahkan URL ke produser yang sesuai dengan protocol dalam berbagai macam aplikasi yang telah ada. Karena sifatnya yang menjaring data-data yang ada di internet, konsep penyatuan cara akses ini disebut World Wide Web (WWW).

Konsep WWW sangat sederhana pada simpul internet yang berkapasitas pada sistem web menyediakan salah satu atau dua-duanya dari program server dan program browser. Program server mengatur berkas-berkas di komputer bersangkutan yang boleh dibaca oleh pengguna internet. Sedangkan program browser dapat dipakai untuk berkas-berkas yang disediakan oleh server.

kuliahbersama.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar